Berita

Berita SP2

Berita Simpang Dua

Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang Gelar Pelatihan Aplikasi SITKO Dan SIPGAR

Dalam Rangka mengoptimalkan penggunaan aplikasi SITKO dan SIPGAR, Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang melalui Bidang Kesehatan Masyarakat menggelar Pelatihan penggunaan aplikasi SITKO dan SIPGAR. Aplikasi SITKO ( Sistem Informasi Terpadu Kesehatan Kerja dan Olahraga ) merupakan sistem informasi berbasis data terpadu sebagai respon terhadap perkembangan teknologi untuk penguatan sistem pelaporan program dan indikator Kesehatan kerja dan olahraga. Data yang diperoleh dalam aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan beberapa program terkait seperti Penyakit Tidak Menular (PTM),UKS,dan program lainnya. Sedangkan SIPGAR ( Sistem Informasi Kebugaran ) merupakan aplikasi pencatatan dan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertenru dengan menggunakan metode Rockport, Tujuannya adalah untuk mengukur kebugaran jasmani dengan pencatatan dan kontrol, sehingga semakin mudah digunakan untuk olahraga dimanapun dan kapan pun.
Pelatihan penggunaan Aplikasi SITKO dan SIPGAR digelar selama tiga hari , mulai dari tanggal 15-17 Mei 2023 di Hotel Nevada Ketapang. Yang menjadi narasumber dari kegiatan ini adalah Bapak Budi Heriansyah,M.A.P dan Bapak Hendro Mursito Hadi,SKM. Tujuan dari gelarnya kegiatan ini adalah untuk memberikan pedoman tentang konsep dasar laporan aplikasi SITKO dan SIPGAR, dan tentunya juga memberikan keterampilan Pengoperasian Aplikasi SITKO dan SIPGAR bagi para pemegang program Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olahraga Puskesmas yang ada di Kabupaten Ketapang. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang yang diwakili Oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Bapak Agus Tri Handoko,S.Psi,M.M .
Kepala Bidang Kesehatan masyarakat yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang dalam kegiatan Pelatihan Aplikasi SITKO dan SIPGAR, Bapak Agus Tri Handoko,S.Psi,M.M berharap dengan adanya pelatihan penggunaan aplikasi SITKO dan SIPGAR, data Kesehatan kerja dan olahraga akan terintegrasi dengan program sehingga dari data yang dikumpulkan bisa menghasilkan kebijakan yang tepat sasaran “Dengan adanya pelatihan ini,kedepannya data Kesehatan kerja dan olahraga akan terintegrasi dengan program terkait sehingga kitab isa menentukan kebijakan yang tepat sasaran”. Dalam Kegiatan ini juga, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Kabupaten Ketapang tersebut mengajak seluruh jajaran Dinas Kesehatan hingga Puskesmas dan masyarakat luas untuk lebih pedulu dengan Kesehatan. “Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan masyarakat untuk memulai gaya hidup sehat, adalah rutin berolahraga, dengn berbagai manfaat yang didapatkan, olaharaga mampu mencetak generasi sehat dan bugar”,pungkasnya.