Berita

Berita SP2

Berita Simpang Dua

Dinkes Ketapang Gelar Rapat Koordinasi Lintas Program Dan Lintas Sektor Dalam Upaya Integrasi Program Kesehatan Jiwa Dan UKS Di Kabupaten Ketapang

Plt. Kepala Dinas Kesehatan dalam sambutannya Menyatakan Kesehatan Jiwa adalah kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, ,mental, spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya. Kondisi perkembangan yang tidak sesuai pada individu akan menimbulkan gangguan jiwa (UU NO.18 TAHUN 2014)

Penyelenggaraan program kesehatan jiwa merupakan salah satu amanah undang-undang no.18 tahun 2014 tentang kesehatan jiwa baik melalui upaya promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitatif. berbagai permasalahan kesehatan jiwa telah diidentifikasi dan perlu ditanggulangi dan gangguan jiwa berkaitan dengan kondisi disabilitas, gangguan kesehatan fisik, penggunaan napza, bahkan berakibat bunuh diri.

Ada beberapa masalah kesehatan jiwa dan napza yang menjadi sasaran program dan kegiatan, yaitu deteksi dini, orang dengan gangguan jiwa berat, depresi, gangguan mental emosional dan rehabilitasi pencandu narkotika.

Permasalahan gangguan jiwa dapat terjadi mulai dari masa anak, remaja, dewasa dan usia lanjut, jika tidak ditanggulangi atau di obati akan menyebabkan gangguan jiwa berat yang menyebabkan turunnya produktivitas dan membebani keluarga. kesehatan jiwa tidak bisa kita abaikan, perlu sinergi semua pihak, terutama keluarga agar kondisi gangguan jiwa tidak makin parah, yang terjadi sekarang ini kebanyakan pasien diterapi sudah dalam kondisi parah.



Salah satu upaya pencegahan masalah kesehatan jiwa adalah dengan dilaksanakannya skrining kesehatan jiwa yang merupakan salah satu indikator renstra program kesehatan jiwa kemenkes 2020-2024, yaitu melakukan skrining kesehatan jiwa pada penduduk yang beresiko mengalami masalah kesehatan jiwa. untuk suksesnya pelaksanaan skrining kesehatan jiwa mengingat jumlah sasaran yang besar maka perlu adanya integrasi dan kerjasama lintas program dan lintas sektor.