Berita

Berita SP2

Berita Simpang Dua

Harap MABM Ketapang Tetap Konsisten Laksanakan Pagelaran Adat Budaya Melayu.

KETAPANG, Prokopim – Ribuan masyarakat Kabupaten Ketapang hadir menyaksikan Pagelaran Adat Budaya Melayu yang diselenggarakan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Ketapang.

Kegiatan ini dibuka langsung Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE.,M.Si sedangkan Pawai arak-arakan Hastagune dilepas Sekretaris MABM Ketapang M. Febriadi, S.Sos.,M.Si yang juga Ketua DPRD Ketapang dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444H/ 2023M, pada Kamis (29/09/2023).

Wabup dalam kesempatan tersebut berharap MABM Ketapang tetap konsisten dalam melaksanakan kegiatan adat budaya melayu tersebut sebagai upaya melestarikan budaya lokal Kabupaten Ketapang agar tidak punah ditelan zaman.

"Oleh karena itu, dalam kesempatan ini saya menyampaikan bahwa pemda Ketapang memiliki komitmen yang kuat dalam pelestarian dan pemajuan kebudayaan daerah di Kabupaten Ketapang," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris MABM Ketapang M. Febriadi, S.Sos.,M.Si mengatakan kegiatan pawai arak-arakan ini diikuti 90 unit Kendaraan Hias Roda empat, 120 unit kendaraan roda dua dan 40 unit sepeda hias.

Selain itu Beliau menjelaskan bahwa maksud diadakan kegiatan ini sengaja dipilih bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1445H/ 2023M.

"Kita yakin apabila kita berpegang teguh kepada adat yang diwariskan leluhur kita, tentu adab kita dalam menjalani semua itu setidaknya dapat mengurangi gesekan dalam keluarga, tetangga, etnis, dan lainnya," ucap Beliau.

“Kami juga berharap kepada pemerintah daerah agar terus menjalin komunikasi dengan MABM dan tentu kami berbangga juga telah dibantu oleh pemerintah daerah Kabupaten Ketapang,” lanjutnya.

Ketua Panitia Pelaksana Drs. H. Marwannor, MM dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan budaya ini sebagai ajang pelestarian budaya dan promosi budaya Melayu. Menurutnya kegiatan ini dapat mengangkat dan mempertahankan marwah Melayu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Ketapang, Asisten III Setda, Staff ahli Bupati, Ketua Yayasan Al-Ikhlas Ketapang, organisasi masyarakat, undangan dan lainnya.
.
.
.

#prokopimketapang
#pemdaketapang
#ketapangmaju
#ketapangsehat
#ketapangcerdas
#ketapangnyaman
#ketapangpeduli
#ketapangsejahtera