Berita

Berita SP2

Berita Simpang Dua

Cegah Dan Kendalikan Penyakit Tidak Menular ( PTM ) Dengan ' Deteksi Dini '

Penyakit tidak menular seperti DM, jantung dan pembuluh darah, Kanker berdampak terhadap faktor sosial dan ekonomi, diantaranya menurunkan produktivitas, ketergantungan penderita terhadap obat dan keluarga, bertambahnya pengeluaran untuk pembelian obat sehingga menyebabkan berkurangnya pendapatan, cenderung menyebabkan komplikasi terhadap penyakit lainnya bahkan kematian.
Oleh karena itu perlu dilakukan upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini agar Penyakit Tidak Menular tidak semakin bertambah dengan mencegah faktor resiko yang mendorong kejadian penyakit tidak menular.

Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang melalui 24 Puskesmas yang di wilayah Kabupaten Ketapang pada bulan Juni 2023 melaksanakan kegiatan Gerakan Bulan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular dengan tema “Cegah dan Kendalikan Penyakit Tidak Menular dengan Deteksi Dini”.

Dimana kegiatan ini dilaksanakan diberbagai tempat di wilayah puskesmas dengan jadwal yang lebih banyak dari bulan-bulan yang lain.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendekatkan masyarakat dengan pelayanan Kesehatan yang bertujuan untuk melakukan deteksi dini resiko penyakit tidak menular sehingga jika diketahui seseorang memiliki faktor resiko , maka akan dilakukan upaya pencegahan dengan intervensi edukasi perilaku 'CERDIK'

Cek Kesehatan secara berkala
Enyahkan asap rokok
Rajin berolahraga
Diet seimbang
Istirahat cukup
Kelola stress dengan baik